Tips Mengatasi Anak Yang Susah Makan Sayur


Melihat sang buah hati tumbuh dan berkembang dengan sempurna merupakan harapan semua orang tua. Untuk mewujudkannya hampir setiap orang tua membekali anak dengan makanan yang bergizi dan bervitamin. Salah satu cara untuk memenuhi kecukupan gizi dan vitamin adalah dengan mengonsumsi sayur karena sayur sarat nutrisi yang baik untuk kesehatan.  Tetapi tidak semua anak-anak suka makan sayur, banyak juga orang tua yang mengeluhkan hal tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi anak yang susah makan sayur.
  • Modifikasi beberapa makanan favorit si anak dan mengemas makanan menjadi lebih cantik. Anak-anak bisa dibujuk dengan visual maupun makanan-makanan yang terkesan keren. Misalnya membentuk nasi dan sayur jadi boneka,mengikir wortel jadi bentuk bunga,dan semacamnya. Semakin kreatif memodifikasi makanan yang mengandung sayur untuk si anak maka kebutuhan nutrisi si anak pun akan terpenuhi. 

  • Sembunyikan sayur dalam menu favorit anak. Misalnya: Wortel, buncis, zukini, bayam atau jenis sayur lain dicincang, diparut, dihaluskan, atau diiris tipis lalu diselipkan ke dalam roti isi ragout, sup krim, telur dadar, nasi goreng, rolade, atau skotel makaroni. Bisa juga menjadi topping pizza, campuran saus spageti, atau dimasukkan ke dalam adonan aneka keik potong dan muffin. 

  • Ajak anak untuk ikut memasak sayur. Misalnya membantu mencuci sayuran, dan biarkan si anak sesekali untuk mengaduk sayuran yang sedang dibuat, maka dengan cara seperti ini bukan tidak mungkin si anak akan tertarik untuk mencoba sayuran yang telah dibuatnya.

  • Bila jenuh dengan olahan tumis maupun goreng, olahan panggang bisa menjadi pilihan. Berikan olahan panggang dengan menu bervariasi, seperti daging, makanan laut, dan jangan lupa berikan sayuran ataupun buah. Buatlah sekreatif mungkin agar anak-anak tertarik mencicipinya.

  • Beri nama lucu untuk sayuran. Anak akan sulit menyentuh makanan bila diberitahu kacang hijau. Coba ganti wortel dengan sebutan wortel sinar -X atau kacang hijau ganti dengan nama telur dinosaurus misalnya, agar menarik perhatiannya. Boleh juga berikan nama sayuran sesuai nama idola mereka.

  • Makan bersama dengan anak. Ketika makan bersama anak cobalah untuk mengkonsumsi sayur, karena hal tersebut akan menjadi contoh yang baik karena biasanya anak-anak cenderung mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya.

  • Jelaskan kehebatan sayur untuk tubuh. Salah satu cara jitu memotivasi anak-anak adalah dengan bercerita serta menjawab pertanyaannya. Misalnya cerita tentang kehebatan bayam yang membuat anak-anak menjadi lebih kuat dan bertenaga. 

  • Sajikan sayur dalam bentuk jus yang dicampur dengan es, misalnya wortel, tomat atau mentimun. Agar lebih menambah rasa, tambahkan sedikit gula atau madu yang juga baik untuk kesehatannya. Jangan lupa agar tampilannya menarik, hiaslah gelas dengan sedotan warna-warni, payung kecil atau kreasi lainnya.

thumbnail
Judul: Tips Mengatasi Anak Yang Susah Makan Sayur
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kesehatan, Tips dan Trik, Tips dan Trik Facebook, Tips dan Trik Twitter :

1 komentar:

Tride Fujimart mengatakan...

Mungkin di juss aja sayurannya biar makannya lahap

Popular Posts

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz